Solidaritas part II

by - April 15, 2012

gw punya beberapa temen deket sesama perantau,anak2 lampung,mereka smua punya usaha yg sama,cari duit dengan cara yg sama,dan di daerah yg sama,jadi bisa dibilang dalam hal bisnis/cari makan mereka ini kompetitor,tp dari yg gw liat selama ini bergaul sama mereka adalah rasa solidaritas yg begitu tinggi,saling support dan melengkapi..klo mau maju,ya maju bareng..ga ada saling jatuh menjatuhkan,tusuk-menusuk dari belakang,dll..

hal ini kontras banget sama orang2 dari kampung gw,dan ini bikin gw iri..kapan gw dan orang2 kampung gw bisa seperti mereka..

dulu,waktu gw dibandung,keadaan gw sama persis kaya anak2 lampung ini,orang2 dari kampung gw yg merantau kebandung nyari makan dengan cara yg sama dan di daerah yg sama,tp bedanya adalah kita saling menjatuhkan..klo si A dagangnya lg rame,si B ga seneng,trs mikir gmn caranya biar si A dagangnya sepi kaya gw,begitu juga dengan si C,si D,dst..

seneng liat orang lain susah itu seperti udah jadi tradisi di sini..egois,pragmatis dan pada akhirnya jadi apatis..ketika orang lain lagi susah,atau berhasil dijatuhkan,maka seseorang akan muncul dengan segala hal yg bisa dia banggakan,berdiri dengan angkuhnya,dan menginjak2 mereka yg sedang terkapar tak berdaya..dan itu merupakan sbuah kebanggaan..KATANYA..

Gengsi nomer 1,gw akan lakukan apapun yg bikin kredibilitas gw meningkat dimata mereka,persetan dimata Tuhan dan di mata Kemanusiaan..begitu katanya..

apakah sekarang yg diajarkan setiap orangtua bukan lg tawadhu, low profil,klo pun punya lebih baik diam,zaman sekarang tawadhu barang langka..saling berlomba2 memamerkan apa yg di punya.. klo punyanya cuma 1, gmn caranya agar org lihat kita punya 100,yg di anut bukanlah lagi prinsip Kesetaraan,tp prinsip 'Semakin tinggi posisi gw dan semakin rendah posisi orang lain,itu semakin baik..'

umbar kesana kemari kl kita kaya-raya,dan rasanya seperti terbang ke awan ketika lagi jalan,papasan sama tetangga yg miskin lalu kemudian si miskin dengan sopannya menundukan badan..karena itu,yg kita pikirkan adalah bagaimana caranya biar si miskin ini terus miskin,dan gw bisa terus kaya,biar dia bisa selalu nunduk klo ketemu gw..bukannya 'gmana caranya biar si miskin ini bisa jadi kaya gw,kan enak klo sama2 maju'..hmmm..

bahkan ga cuma antar tetangga,antar kluarga pun saling menjatuhkan,rasanya seneng bngt klo ngliat saudaranya sendiri sengsara,hidup susah,trs mohon2 ke dia buat minjem duit,yg difikirin setelah itu bukan 'gmn nih caranya biar saudara gw bisa lbh baik hidupnya,jadi dia ga perlu minjem2 duit ke gw lagi..' tp yg dipikirin 'pokoknya dia harus hidup susah terus,biar dia tetep hormat ke gw,dan sadar klo gw lbih baik dari dia..' hmmm,apakah untuk mendapat kehormatan dan harga diri harus selalu dengan keduniawian??
gmn mau ikut andil dalam menjaga solidaritas antar agama,antar suku,antar bangsa,klo sesama kluarga aja saling menjatuhkan??

gw liat orang2 cina jg ga kaya gitu,mereka begitu solid,saling mendukung,saling membantu seperti apapun keadaannya..apa kita harus jadi minoritas dlu biar solid?? bukankah sekarang yg terpenting bukanlah siapa mayoritas siapa minoritas,siapa km siapa aku,tapi gmn kita bisa menjalankan peran kita sebagai manusia yg memang diciptakan untuk saling membantu,bukan karena kasian,bukan karena agar dihormati,bukan karena agar masuk surga,karena Tuhan ga buta,tanpa memintapun klo kita memang layak menempatinya,maka Tuhan akan menempatkan kita disana..tapi karena dharma,karena memang sudah sepatutnya kita saling mendukung dan tak saling menjatuhkan..

jadi pelajarannya?? ntahlah,silahkan ambil pelajaran dari balik kutang kalian masing2..:toast

You May Also Like

0 comments